Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9976Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan peneliti, gaya kepemimpinan guru merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pengaruh gaya kepemimpinan guru PPKn terhadap motivasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan guru PPKn terhadap motivasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 131 siswa dan penarikan sampel penelitian ini 25% dari jumlah populasi menjadi 34 responden dengan menggunakan Teknik Proporsional Sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Pengolahan data dengan teknik analisis kuantitatif dengan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy yaitu sebesar 18,4%.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Okta, . S. A., Eddison, A. ., & Primahardani, I. . (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10037–10042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9976
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sefni Anesa Okta, Ahmad Eddison, Indra Primahardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).