Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar

Authors

  • Sefni Anesa Okta Universitas Riau
  • Ahmad Eddison Universitas Riau
  • Indra Primahardani Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9976

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan peneliti, gaya kepemimpinan guru merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pengaruh gaya kepemimpinan guru PPKn terhadap motivasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan guru PPKn terhadap motivasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 131 siswa dan penarikan sampel penelitian ini 25% dari jumlah populasi menjadi 34 responden dengan menggunakan Teknik Proporsional Sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Pengolahan data dengan teknik analisis kuantitatif dengan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy yaitu sebesar 18,4%.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Okta, . S. A., Eddison, A. ., & Primahardani, I. . (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Pondok Pesantren Al – Karomah Aidarusy Sibiruang Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10037–10042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9976