Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Lingkaran ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Lambok Simamora Universitas Indraprasta PGRI
  • Ul’fah Hernaeny Universitas Indraprasta PGRI
  • Fitri Handayani Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9914

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan kriteria Watson untuk mengidentifikasi dimana siswa melakukan kesalahan ketika mempelajari materi lingkaran, mengetahui penyebab kesalahan siswa  dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika  pada materi lingkaran dan Kemampuan pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan masalah pada materi lingkaran dapat diketahui dengan mengamati seberapa baik pemahaman siswa terhadap konsep tersebut dan apakah mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan di SMP Islam Arrohman Citeureup. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi yang kaya dan terperinci tentang sekolah dan siswanya. Subyek penelitian berjumlah sembilan orang, masing-masing terdiri dari tiga orang siswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Kelompok dibedakan berdasarkan jumlah kesalahan yang dibuat. Hasil penelitian yang dapat dikemukakan adalah kecenderungan kesalahan yang dilakukan peserta didik hampir merata untuk tiap soal yang diberikan, dan kecenderungan kesalahan yang paling menonjol dilakukan yaitu kesalahan data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), dan hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), Kesalahan biasanya terjadi ketika siswa kurang memahami konsep yang diajarkan, kurang mampu memecahkan masalah matematika, atau kurang terampil memanipulasi angka, dan Banyak guru masih berjuang untuk memahami konsep-konsep yang siswa coba pelajari dalam matematika.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Simamora, L. ., Hernaeny, U. ., & Handayani, F. . (2022). Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Lingkaran ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9707–9713. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9914

Most read articles by the same author(s)