Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9903Abstract
Zaman sekarang orang tua dihadapkan dengan tantangan besar dalam mendidik anak terutama anak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan upaya yang dilakukan untuk mengembangkan potensi anak secara sistematis. Al Qur’an telah memberikan petunjuk manusia supaya meninggalkan generasi yang kuat. Dalam hadist, Rasululloh telah memberikan contoh mendidik anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui urgensi pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan studi pustaka. Studi kepustakaan mengambil data dengan cara mengumpulkan data melalui sumber pustaka yaitu buku, jurnal, majalah, dokumen, ataupun artikel. Hasil penelitian bahwa urgensi pendidikan anak usia dini sangat penting, anak memasuki masa emas yang butuh dukungan dan stimulasi mengoptimalkanpotensi diri dan memiliki daya ingat yang cepat di serap otak dan di simpan dalam jangka panjang, sehingga anak lebih siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pentingnya pendidikan bagi anak usia dini dapat menjadi bekal anak dan kesiapan anak menghadapi tantangan perubahan zaman yang semakin sulit. Orangtua juga selalu meningkatkan pengetahuan perkembangan ilmu mendidik anak.Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Ambarwati, A., & Purwanto , P. . (2022). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9626–9635. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9903
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ambarwati , Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).