Penggunaan Bentuk Tes Formatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir

Authors

  • Purwanto Purwanto UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai dan objektif, (2) pengaruh bentuk tes formatif terhadap hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan ditinjau dari kemampuan berpikir,  (3) perbedaan hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai dan objektif untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir divergen, (4) perbedaan hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai dan objektif untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir konvergen. Penelitian dilakukan pada tahun 2015. Populasi adalah mahasiswa semester V Jurusan Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Sampel ditarik secara random dari populasi menggunakan teknik sampling acak berstrata. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Data dianalisis menggunakan analisis varians dua jalan dan uji lanjut menggunakan metode Tukey. Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai lebih tinggi dibandingkan dengan yang memperoleh tes formatif berbentuk objektif, (2) pengaruh bentuk tes formatif terhadap hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan tergantung pada kemampuan berpikir, (3) pada mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir divergen, hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai lebih tinggi dibandingkan dengan yang memperoleh tes formatif berbentuk objektif, (4) pada mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir konvergen, hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai lebih rendah dibandingkan dengan yang memperoleh tes formatif berbentuk objektif. Evaluasi formatif menggunakan bentuk tes tertentu memberikan keuntungan bagi mahasiswa dengan kemampuan berpikir tertentu. Berdasarkan temuan itu, penelitian ini merekomendasikan untuk memberikan kombinasi kedua bentuk tes formatif agar mahasiswa pada semua kemampuan berpikir memperoleh keadilan dalam testing.

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Purwanto, P. (2023). Penggunaan Bentuk Tes Formatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 342–350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12722