Penggunaan Bentuk Tes Formatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12722Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai dan objektif, (2) pengaruh bentuk tes formatif terhadap hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan ditinjau dari kemampuan berpikir, (3) perbedaan hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai dan objektif untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir divergen, (4) perbedaan hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai dan objektif untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir konvergen. Penelitian dilakukan pada tahun 2015. Populasi adalah mahasiswa semester V Jurusan Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Sampel ditarik secara random dari populasi menggunakan teknik sampling acak berstrata. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Data dianalisis menggunakan analisis varians dua jalan dan uji lanjut menggunakan metode Tukey. Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai lebih tinggi dibandingkan dengan yang memperoleh tes formatif berbentuk objektif, (2) pengaruh bentuk tes formatif terhadap hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan tergantung pada kemampuan berpikir, (3) pada mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir divergen, hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai lebih tinggi dibandingkan dengan yang memperoleh tes formatif berbentuk objektif, (4) pada mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir konvergen, hasil belajar mata kuliah Evaluasi Pendidikan mahasiswa yang memperoleh tes formatif berbentuk esai lebih rendah dibandingkan dengan yang memperoleh tes formatif berbentuk objektif. Evaluasi formatif menggunakan bentuk tes tertentu memberikan keuntungan bagi mahasiswa dengan kemampuan berpikir tertentu. Berdasarkan temuan itu, penelitian ini merekomendasikan untuk memberikan kombinasi kedua bentuk tes formatif agar mahasiswa pada semua kemampuan berpikir memperoleh keadilan dalam testing.Downloads
Published
2023-03-09
How to Cite
Purwanto, P. (2023). Penggunaan Bentuk Tes Formatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 342–350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12722
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Purwanto Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).