Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Forum Petani Pala dalam Upaya Meningkatkan Life Skill Education Petani Pala
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9873Abstract
Melihat luas lahan perkebunan pala (Myristica argentea warb) dikabupaten fakfak mencapai 6.071 hektar serta produksi pala disekitaran 1.884 ton (BPS fakfak) seharunya memberikan kontribusi pendapatan yang maksimal kepada para petani pala dikabupaten fakfak, Namun hal demikian tidak berbanding lurus dengan kontribusi pendapatan petani pala dikarnakan kualitas buah pala yang dhasilkan tidak sesuai permintaan pasar global, dimana adanya kandungan jamur dan bauh asap terhadapa pala yang diahasilkan sehingga mempengaruhi harga pala ditingkat petani. Rancangan pemberdayaan dalam Kegiatan Program Pembedayaan Masyarakat melalui Pembentukan Forum Petani Pala dengan upaya meningkatkan life skill education para petani pala pasca panen di kabupaten Fakfak, Papua Barat dimulai dengan pendataan jumlah petani pala dikabupaten fak-fak, kemudian melakukan sosialisasi mengenai pembentukan forum petani. Setalah forum petani pala telah terbentuk dan memilih anggota penyampaian edukasi untuk para petani pasca panen buah pala dilakukan. Materi atau penyampaian edukasi akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dari anggota forum petani pala. Pembentukan forum pala menjadi sebuah wadah kepada semua pihak dari berbagai kalangan, praktisi, akademisi untuk dapat bertukar fikiran serta berperan untuk dapat memberikan solusi terbaik bagi masalah yang dihadapi para petani pala seperti memberikan seminar untuk menambah pengetahuan petani pala melihat dan memprediksi kebutuhan pasar pala.Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Sriwijaya, . . . R. R. ., Kuliahsari, D. E. ., & Atirah, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Forum Petani Pala dalam Upaya Meningkatkan Life Skill Education Petani Pala. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9431–9438. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9873
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Reski Rahman Sriwijaya, Dessy Eka Kuliahsari, Atirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).