Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Kenduri Sko Menggunakan Aplikasi Anyflip Di Kelas 4 Tema 7 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9746Abstract
Modul elektronik adalah sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran terkecil untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang disajikan ke dalam format elektronik. Kearifan Lokal merupakan jati diri dan budaya yang diturunkan kepada anak bangsa. Kearifan lokal yang terdapat pada beberapa kelompok/ masyarakat adat di Indonesia banyak mengandung nilai luhur budaya bangsa yang masih kuat menjadi identitas karakter warga masyarakatnya. Namun disisi lain, nilai kearifan lokal sering kali diabaikan, karena dianggap tidak sesuai dengan perkembangan zamannya. Salah satu kearifan lokal yang dapat di integrasikan dengan pembelajaran adalah Kenduri Sko. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan modul aspek bahasa didapatkan dari validator bahasa dengan rata-rata 4,45 termasuk dalam katergori sangat valid dengan presentase 89%. Tingkat kevalidan media dengan rata-rata 4,875 termasuk dalam kategori 97,5% termasuk dalam kategori sangat valid. Tingkat kevalidan materi dengan rata-rata 4,4 dengan presentase 88% termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari validasi praktisi dengan rata- rata 4,45 dengan presentase 89% termasuk dalam kategori sangat praktis.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Endari, S. B. ., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Kenduri Sko Menggunakan Aplikasi Anyflip Di Kelas 4 Tema 7 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8781–8788. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9746
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shely Belia Endari, Asrial, Alirmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).