Analisis Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Tria Rapika Wahyuni Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Alirmansyah Alirmansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4941

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendekskripsikan hasil analisis kemampuan menulis pantun pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus. Sumber data dalam Penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 45/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisa secara kualitatif memakai teori teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi data, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa kelas V SD Negeri 45/I Sridadi ditemukan bahwa 9 orang siswa mengalami yaitu ADC, WJ, RR, CDG, MP, SLN, ZA, SR, dan AS permasalahan dalam menulis pantun seperti : (I) belum mampu memenuhi syarat-syarat pantun (II) belum memenuhi kriteria menulis isi pantun yang menarik (III) belum mampu menulis pantun dengan diksi/gaya Bahasa yang tepat. Kemudian bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa dalam menulis pantun adalah : (I) menyamakan rima, (II) mengungkapkan pikiran dan perasaan untuk kemanarikan isi pantun (III) membuat pantun yang terdiri dari 8-12 suku kata. 

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Wahyuni, T. R. ., Kuntarto, E. ., & Alirmansyah, A. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1673–1678. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4941