Analisis Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Karawaci 8 Kota Tangerang

Authors

  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aulya Novyanti Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat keaktifan pada siswa kelas IV SD di kota Tangerang pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD di kota Tangerang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat keaktifan kelas IV SD di kota Tangerang sangat tinggi. Peneliti menemukan kegiatan yang memicu keaktifan siswa. Keaktifan tersebut meliputi, aktif dalam mendengarkan, aktif dalam membaca, aktif dalam memberikan pendapat, aktif dalam bertanya, aktif dalam mengerjakan soal, dan aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru. Siswa kelas IV di SD Kota Tangerang memiliki 2 tingkat keaktifan siswa. Dua tingkat keaktifan tersebut yaitu “sangat tinggi” dan “sedang”. Terdapat 16 siswa yang memiliki persentase 75% - 100% dapat dikategorikan pada kategori sangat tinggi tingkat keaktifan siswanya. Terdapat juga 12 siswa yang memiliki persentase 51% - 74% dapat dikategorikan pada kategori sedang tingkat keaktifan siswanya.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Zuliani, . . R. ., Rini, C. P. ., & Novyanti, A. (2022). Analisis Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Karawaci 8 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4884–4895. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7400