Analisis Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Karawaci 8 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7400Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat keaktifan pada siswa kelas IV SD di kota Tangerang pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD di kota Tangerang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat keaktifan kelas IV SD di kota Tangerang sangat tinggi. Peneliti menemukan kegiatan yang memicu keaktifan siswa. Keaktifan tersebut meliputi, aktif dalam mendengarkan, aktif dalam membaca, aktif dalam memberikan pendapat, aktif dalam bertanya, aktif dalam mengerjakan soal, dan aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru. Siswa kelas IV di SD Kota Tangerang memiliki 2 tingkat keaktifan siswa. Dua tingkat keaktifan tersebut yaitu “sangat tinggi” dan “sedang”. Terdapat 16 siswa yang memiliki persentase 75% - 100% dapat dikategorikan pada kategori sangat tinggi tingkat keaktifan siswanya. Terdapat juga 12 siswa yang memiliki persentase 51% - 74% dapat dikategorikan pada kategori sedang tingkat keaktifan siswanya.Downloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Zuliani, . . R. ., Rini, C. P. ., & Novyanti, A. (2022). Analisis Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Karawaci 8 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4884–4895. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7400
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Zuliani, Candra Puspita Rini, Aulya Novyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).