Pengaruh Keaktifan dalam Berorganisasi terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9687Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap disiplin belajar HHHh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, kemudian data ditabulasikan dan dianalisis menggunakan program SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019, 2020 Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Riau sebanyak 52 responden, dan sampel di ambil secara sensus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan dalam berorgansasi kemahasiswaan berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Riau. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, keaktifan dalam berorganisasi tergolong tinggi keaktifan dalam berorganisasi sebanyak 33 mahasiswa (63,5%), dan disiplin belajar yang mengikuti organisasi kemahasiswaan tergolong tinggi sebanyak 30 mahasiswa (57,6%). Dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai constanta (a) sebesar 2,245 dan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,392 dengan persamaan regresinya Y = 2,245+ 0,392 X. Dari hasil analisis regresi linier sederhana tersebut, terdapat pengaruh yang negatif antara aktivitas dalam organisasi kemahasiswaan terhadap hasil belajar, hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin banyak aktivitas dalam organisasi kemahasiswaan yang diikuti maka akan menurunkan hasil belajarnya. Dilihat dari perhitungan R2 (R Square Change) diperoleh nilai sebesar 0,451. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh aktivitas dalam organisasi kemahasiswaan terhadap hasil belajar sebesar 45,1%.Downloads
Published
2022-12-04
How to Cite
Adrian, R. ., Gimin, G., & Hendripides, H. (2022). Pengaruh Keaktifan dalam Berorganisasi terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8389–8395. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9687
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmad Adrian, Gimin, Hendripides
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).