Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9619Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi kerja dan kepuasan kerja masih rendah, motivasi kerja dan kepuasan kerja adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya kinerja guru sekolah dasar di Kecamata Kunduran kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora berjumlah 307 guru dan sampel penelitian 172 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 40,211 + 0,408 X1 dengan kontribusi sebesar 22,6%, (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 59,786 + 0,399 X2 dengan kontribusi 14.4%, (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 58,854 + 0,410X3 dengan kontribusi 14.7%, (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 38,323+ 0,265 X1 + 0,125X2 + 0,105 X3 dengan kontribusi 23.0%.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Jumi, . J., & Abdullah, G. . (2022). Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7956–7962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9619
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jumi, Ghufron Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).