Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora

Authors

  • Jumi Jumi SDN Kunduran, Blora, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9619

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi kerja dan kepuasan kerja masih rendah, motivasi kerja dan kepuasan kerja adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya kinerja guru sekolah dasar di Kecamata Kunduran kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora berjumlah 307 guru dan sampel penelitian 172 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 40,211 + 0,408 X1 dengan kontribusi sebesar 22,6%, (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 59,786 + 0,399 X2 dengan kontribusi 14.4%, (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu Y = 58,854 + 0,410X3 dengan kontribusi 14.7%, (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah  motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru  yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana yaitu  Y = 38,323+ 0,265 X1 + 0,125X2 + 0,105 X3 dengan kontribusi 23.0%.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Jumi, . J., & Abdullah, G. . (2022). Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7956–7962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9619