Analisis Prestasi Kajian Belajar Pada Peserta Didik Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Clarita Andriyana Cahyani Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Mudzanatun Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang
  • Nur Riskiyati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14230

Abstract

Gaya belajar adalah suatu cara yang dilakuakn setiap individu dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah sejumlah pengalaman yang diperoleh setiap individu yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah macam-macam gaya belajar ditinjau dari hasil belajar atau prestasi peserta didik kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen diagnostik untuk menentukan gaya belajar terhadap prestasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode ini digunakan untuk memperoleh data dari variable gaya belajar dan hasil belajar atau prestasi peserta didik. Hasil analisis diperoleh dari data, rata-rata gaya belajar peserta didik adalah visual atau gaya belajar dengan cara melihat. Dari analisis hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif yaitu saat proses kegiatan soal evaluasi. Peserta didik saat mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh pendidik pada proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui gaya belajar terhadap hasil belajar atau prestasi peserta didik kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang untuk pertimbangan sekolah dan wali peserta didik dalam memperbaiki perhatian kepada peserta didik terutama dalam proses berlangsungnya pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Cahyani, C. A. ., Mudzanatun, M., Miyono, N. ., & Riskiyati, N. . (2023). Analisis Prestasi Kajian Belajar Pada Peserta Didik Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4726–4732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14230

Most read articles by the same author(s)