Pengembangan Media Visual Arstorling pada Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunarungu

Authors

  • Siti Rahayu Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Binti Anisaul Khasanah Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9572

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu yang kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran matematika khususnya pada penguasaan konsep lingkaran. Pada proses pembelajaran siswa hanya menerima konsep visual melalui bahasa isyarat dan gambar yang dipaparkan dan dituliskan dipapan tulis. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti akan membuat inovasi pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan mengembangkan media visual Arstorling pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yakni media visual Arstorling (Articulate Storyline Lingkaran) bagi anak tunarungu pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi langkah-langkah Thiagarajan yang biasa dikenal dengan model pengembangan 4-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan instrument berupa lembar validasi kesesuaian media pembelajaran dengan analisis siswa, dan angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa hasil validasi dan respon angket siswa terhadap produk media pembelajaran interaktif Arstorling dan uji efektifitas dinyatakan layak dan efektif digunakan bagi anak tunarungu pada penguasaan konsep matematika pada materi lingkaran.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Rahayu, S. ., & Khasanah, B. A. . (2022). Pengembangan Media Visual Arstorling pada Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7684–7692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9572