Dampak Tugas Perkembangan Peserta Didik dalam Kehidupan Pribadi, Pendidikan dan Karier, dan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9569Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak perkembangan peserta didik teehadap kehidupan pribadinya, pendidikan dan karirnya dan juga keluarganya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebuah metode penelitian case study (studi kasus), eksplorasi, dan pendekatan kualitatif yang dipergunakan untuk memperoleh keterangan-keterangan informasi mengenai dampak dari pandemic terkait tugas perkembangan anak dalam kehidupan pribadi, Pendidikan dan karier serta keluarga. Hasil yang dilihat dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi perkembangan pribadi, karakter anak menjadi yang paling berpengaruh sebab anak menjadi kurang berinteraksi dengn prang lain sehingga mereka tidak dapat melihat reaksi orang-orang terhadap mereka dan mereka juga tidak dapat menegluarkan lebih banyak ekspresinya dengan orang lain. Jiwa sosial anak juga menjadi terpengarauh sehingga mereka kurang berani tampil serta rentan merasa takut jika dihadapkan oleh orang lain yang tidak mereka kenal. Sedangkan jika anak masih bersekolah dasar hal yang terpenting adalah bagaimana membentuk karakter anak agar anak menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat luas. Dari segi Pendidikan, dengan berlakunya belajar dari rumah membuat anak menjadi kurang belajar dan menjadi malas belajar, hal ini dikarenakan banyak factor, misalnya: orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak dapat mengajarkan anak belajar, ketidakpahaman orang tua akan penggunaan internet, ekonomi yang tidak memungkinkan membeli apket internet dalam jangka Panjang, dan juga kurang nya motivasi karena merasa bosan jika harus belajar sendirian dirumah. Dari segi perkembangan anak terhadap keluarga, hal ini merupakan hal ynag positif selama pandemic karena dengan anak berada dirumah saja maka otomatis akan lebih sering berinteraksi dengan orang tua dan saudara kandung mereka.Downloads
Published
2022-12-01
How to Cite
Khairuddin, K. (2022). Dampak Tugas Perkembangan Peserta Didik dalam Kehidupan Pribadi, Pendidikan dan Karier, dan Keluarga. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7673–7678. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9569
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Khairuddin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).