Efektivitas Laboratorium Virtual Menggunakan GNS3 di SMK N 04 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6150Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar pratikum siswa pada pembelajaran administrasi infrastruktur jaringan (AIJ) yang disebabkan karena terbatasnya sarana prasarana yang ada di satuan pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas laboratorium virtual menggunakan GNS3 di SMK N 04 Payakumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan yang digunakan kuantitatif dan dengan desain penelitian tipe “Preetest-Posttest Control Group Design”. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 04 Payakumbuh sebanyak 90 orang siswa, responden dalam penelitian ini yaitu kelas XI TKJ1, XI TKJ2 dan XI TKJ3 dan teknik pengampilan sampel adalah Provosive Sampling yang berarti sampel yang di ambil telah memenuhi kriteria tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan yang digunakan adalah instrument tes berupa soal soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji analisis statistic data penelitian, maka diperoleh bahwa perbedaan hasil belajar kedua kelas sangat signifikan. Kesimpulan tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap nilai posttest kedua kelas, Hasil yang didapatkan adalah nilai thitung = 183,37 sedangkan untuk nilai ttabel = 0,352 pada taraf signifikan 5% (0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan laboratorium virtual menggunakan GNS3 efektif terhadap hasil belajar pratikum siswa pada pembelajaran administrasi infrastruktur jaringanDownloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Yurmanalis, . Y., Khairuddin, K., Musril, H. A. ., & Derta, S. . (2022). Efektivitas Laboratorium Virtual Menggunakan GNS3 di SMK N 04 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4288–4293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6150
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yurmanalis, Khairuddin, Hari Antoni Musril, Sarwo Derta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).