Analysis Of Reading Ability For Class 1 Students Through Online Learning At Sd City Banda Aceh

Authors

  • Sari Rizki Universitas Almuslim Bireuen
  • Rahma Rahma Universitas Almuslim Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9533

Abstract

Selama diberlakukannya sistem pembelajaran dirumah seakan memberikan kesan bahwa pendidikan murni didapatkan seorang anak melalui pendampingan orang tua, mendampingi kesuksesan anak selama proses belajar di rumah atau yang disebut sistem pembelajaran online menjadi sangat penting hal ini menuntut peran serta keaktivan siswa orang tua dalam memotivasi anak. Hasil penelitian di lapangan  menunjukkan  bahwa, latar belakang pendidikan orang tua memiliki pengaruh terhadap pemahaman materi yang diberikan  oleh guru, orangtua sebagai pembimbing dan sebagai fasilitator harus mampu dalam mendampingi anak belajar dirumah dimasa pandemi ini.. diketahui bahwa persentase membaca siswa kelas 1 SD Negeri dengan kategori Lancar sebesar 38,47%  dengan jumlah siswa sebanyak 1253 siswa, kategori membaca sedang dengan persentase 29,87% dengan jumlah siswa sebanyak 973 siswa, kategori membaca lambat sebesar 19,96% dengan jumlah siswa sebanyak 650 siswa dan kategori siswa yang belum bisa membaca sebanyak 11,88% dengan jumlah siswa 387 siswa. persentase membaca siswa kelas 1 SD Negeri Swasta kota Banda Aceh dengan kategori Lancar sebesar 48,71%  dengan jumlah siswa sebanyak 301 siswa, kategori membaca sedang dengan persentase 20,39%  dengan jumlah siswa sebanyak 126 siswa, kategori membaca lambat sebesar 20,71% dengan jumlah siswa sebanyak 128 siswa dan kategori siswa yang belum bisa membaca sebanyak 10,68% dengan jumlah siswa 66 siswa.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Rizki, S. ., & Rahma, R. (2022). Analysis Of Reading Ability For Class 1 Students Through Online Learning At Sd City Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7537–7543. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9533