Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Di Halmahera Utara Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9497Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Halmahera Utara pada masa pandemi covid-19 serta mengetahui tingkat keefektifannya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, dimana menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan desain one group pre test – post test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansinya (Sig 2-tailed) sebesar 0.020 atau < 0.05. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai motivasi belajar siswa SMA sebelum (pre test) dan sesudah (post test) perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa adanya perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Halmahera Utara pada masa pandemi covid-19. Selain itu, nilai t hitung (-2.809) > t tabel (1,833) maka Ho ditolak dan Ha diterima.. Dari hal tersebut maka penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Halmahera Utara pada masa pandemi covid-19.Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Kartianti, S., & Asgar, S. (2022). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Di Halmahera Utara Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7469–7474. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9497
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sahrestia Kartianti, Sukitman Asgar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).