Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Di Halmahera Utara Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sahrestia Kartianti Universitas Hein Namotemo
  • Sukitman Asgar Universitas Hein Namotemo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Halmahera Utara pada masa pandemi covid-19 serta mengetahui tingkat keefektifannya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, dimana menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan desain one group pre test – post test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansinya (Sig 2-tailed) sebesar 0.020 atau < 0.05.  Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai motivasi belajar siswa SMA sebelum (pre test) dan sesudah (post test) perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa adanya perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Halmahera  Utara  pada masa pandemi covid-19. Selain itu, nilai t hitung (-2.809) > t tabel (1,833) maka Ho ditolak dan Ha diterima.. Dari hal tersebut maka penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Halmahera  Utara  pada masa pandemi covid-19.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Kartianti, S., & Asgar, S. (2022). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Di Halmahera Utara Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7469–7474. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9497

Most read articles by the same author(s)