MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF ANAK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL DI DAERAH PESISIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.849Keywords:
Perilaku agresif, permainan tradisional, bimbingan kelompok, daerah pesisirAbstract
Perilaku agresif muncul pada saat stimulus dan respon bertindak secara bersamaan. Perilaku agresif berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan karakter anak, sehingga diperlukan upaya untuk mereduksi perilaku tersebut. Hal tersebut tidak hanya terjadi di daerah perkotaan saja, melainkan di daerah pesisir yaitu daerah Gonga Pantai, kecamatan Tobelo Timur, kabupaten Halmahera Utara provinsi Maluku Utara. Di daerah Gonga Pantai, perilaku anak cenderung menunjukkan perilaku agresif dalam proses interaksi sosialnya dengan orang lain. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perilaku agresif anak usia 7-9 tahun sangat rentan seperti memukul, memaki ,mencubit, menendang, dan menghina. Mereduksi perilaku agresif pada anak dapat dilakukan melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan-permainan tradisional Halmahera Utara. Permainan tradisional yang digunakan yaitu perang nama, leng kali leng, tuan dosi, jilo-jilo dan gate-gate kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi perilaku agresif anak melalui bimbingan kelompok dengan permainan tradisional di daerah pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-post test. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi penuruan skor pada saat setelah diberi perlakuan (post test) bimbingan kelompok dengan permainan tradisional. Hasil Uji t sebesar 6,8374 >0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.References
Iswinarti.2010. Nilai-Nilai Terapeutik Permainan Tradisional Engklek Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Humanity Vol.6, Nomor 1, September 2010 : 41-44
Nur, Haerani.2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013.
Patras, Yulita Rike. 2016. Permainan Anak Halmahera Utara (Games of North Halmahera Children).Yogyakarta:AG Publisher.
Petrus, Jerizal. 2012. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Budaya Hibualamo Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Vol.1(2) (2012).
Restu, Yoshi dan Yusri. 2013. Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling Vol.2 Nomor 1 Januari 2013.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S, & Hastuti, S. 2011. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grame