Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9484Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V di MI Raudlatul Muta’alimin Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 28 siswa, dan sampel berjumlah 14 siswa. Data keterampilan menulis karangan narasi dikumpulkan dengan metode tes. Analisis data yang digunakan yakni berdasarkan perhitungan uji paired sample tes SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil kelas eksperimen 72,79 dan setelah terjadinya model CPS menjadi 83,29 sedangkan untuk kelas kontrol 71,36 dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran konvensional 77,50. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Creative Problem Solving terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Bogor.Downloads
Published
2022-11-29
How to Cite
Rahmawati, P. ., Muhyani, M., & Kasman, R. . (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7215–7220. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9484
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Rahmawati, Muhyani, Rusdi Kasman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).