Menganalisis Cara Berfikir Mahasiswa dalam Mengenal Dirinya Melalui Konseling Self, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9363Abstract
Mahasiswa termasuk peserta didik perguruan tinggi yang dikategorikan kedalam fase remaja akhir, sehingga bisa dikatakan cukup matang dalam berfikir dan bisa mengenal dirinya sendiri, namun kebanyakan dari mahasiswa yang belum bisa merealisasikan caranya berfikir dan mengenal dirinya. Oleh karena itu melalui konseling self dapat dijadikan sebagai teknik pendekatakan dalam menganalisis mahasiswa secara langsung, khususnya mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-su). Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk membantu mahasiswa Uinsu agar dapat mengekspresikan dirinya dengan cara berfikir yang realistis dan lebih bisa mengenal dirinya sendiri. Dan penelitian ini digunakan dengan metode kualitatif. Maka dari itu hasil penelitian ini bahwa ada sebagian mahasiswa yang masih saja belum bisa berfikir dengan subjektif dan realistis, dikarenakan kurangnya keberanian dalam mengutarakan pendapat dan kurangnya kritis dalam berfikir , namun ada sebagian mahasiswa ynag sudah mengenal dirinya dan dapat berfikir dengan subjektif melalui perkembangan diri yang di alami, sehingga dapat membentuk karakter dan cara berfikir yang kritis. Dengan kata lain cara berfikir seseorang itu dikatakan dewasa tidak berpatokan dengan umur, dikarenakan seseorang tumbuh pasti melewati beberapa hal yang baru sehingga bisa dijadikan sebuah pengalaman dan tanpa sadar dengan semua itu terbentuklah fikiran yang dewasa lalu bisa mengendalikan dirinya.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Sahputra, D. ., Sabrina, S., Maibang, I. M. ., ‘Azmi, S. ., & Hartati, R. . (2022). Menganalisis Cara Berfikir Mahasiswa dalam Mengenal Dirinya Melalui Konseling Self, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6616–6621. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9363
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dika Sahputra, Sabrina, Iin Mestika Maibang, Syahrani ‘Azmi, Rani Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).