The Keefektifan Metode Modelling Simbolik Berbantu Media Wayang Kartun Profesi Terhadap Kemampuan Berbahasa dan Keterampilan Bercerita
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9356Abstract
Guru dituntut untuk dapat menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan media sehingga dapat membantu menumbuhkan kemampuan berbahasa dan keterampilan bercerita peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, ketuntasan belajar, dan beda rata-rata metode modelling simbolik berbantu media wayang kartun profesi terhadap kemampuan berbahasa dan keterampilan bercerita. Metode yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode modelling simbolik berbantu media wayang kartun profesi berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa dan keterampilan bercerita, ditinjau dari table multivariate test dan table test of between subject effect pada uji manova dengan masing-masing nilai Sig. 0,000 < 0,05. Uji ketuntasan belajar diperoleh nilai sig. 0,002 pada kemampuan berbahasa dan nilai Sig. 0,032 pada keterampilan bercerita, karena nilai Sig. < 0,05 disimpulkan persentase peserta didik yang mendapat nilai posttest ? 75 lebih dari 75%. Uji beda rata-rata diperoleh nilai sig. 0,039 pada kemampuan berbahasa dan nilai sig. 0,001 pada keterampilan bercerita, karena nilai Sig. < 0,05 disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata dari dua kelompok. Rata-rata uji N-Gain Score 0,71 pada kemampuan berbahasa termasuk dalam kategori tinggi tafsiran cukup efektif dan 0,67 pada keterampilan bercerita termasuk kategori sedang tafsiran cukup efektif.Downloads
Published
2022-11-27
How to Cite
Elyasari, S. ., Buchori, A. ., & Sulianto, J. . (2022). The Keefektifan Metode Modelling Simbolik Berbantu Media Wayang Kartun Profesi Terhadap Kemampuan Berbahasa dan Keterampilan Bercerita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6870–6878. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9356
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Elyasari, Achmad Buchori, Joko Sulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).