Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Aplikasi Game Edukatif Worwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak usia 5-6
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14584Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kebutuhan media anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan peningkatan literasi. (2) Prosedur pengembangan Media Pembelajaran Interaktif permainan wordwall cocok untuk meningkatkan literasi anak usia 5-6 tahun. (3) Implementasi penggunaan Media Pembelajaran Interaktif permainan Wordwall dalam meningkatkan literasi anak usia 5-6 tahun. (4) Keefektifan media pembelajaran interaktif wordwall dalam meningkatkan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian adalah anak-anak TK Negeri Pembina Kecamatan Warungasem kelompok B yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket validasi dari ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan validitas instrumen analisis data, uji normalitas, uji efektivitas uji t, perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media game wordwall layak digunakan dengan hasil uji validasi menggunakan Aiken V dalam kategori sangat tinggi dan uji reliabilitas dalam kategori sangat tinggi, game wordwall efektif digunakan dalam pembelajaran diketahui berdasarkan pembelajaran hasil dengan selisih rata-rata melalui uji t sebesar -4,302 dan rata-rata kenaikan (gain) sebesar 0,4306 yang berdasarkan interpretasi indeks gain tergolong sedang. Media permainan wordwall tepat dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi literasi.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Aini, N., Buchori, A. ., & Sulianto, J. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Aplikasi Game Edukatif Worwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak usia 5-6 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5685–5690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14584
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Aini, Achmad Buchori, Joko Sulianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).