Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di SMK Kahuripan 1 Jakarta

Authors

  • Mutmainah Mutmainah SMA Mawaddah Kota Depok
  • Hilda Nur Jayidah SMA Mawaddah Kota Depok

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9306

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kedisiplinan belajar siswa SMK Kahuripan I Jakarta sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, Kedisiplinan belajar siswa SMK Kahuripan I Jakarta sesudah  diberikan layanan bimbingan kelompok serta Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMK Kahuripan I Jakarta. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan. Selain itu penulis menggunakan pendakatan tindakan. Sedangkan desain penelitiannya meliputi penyusunan rencana tindakan dan pelaksanaan tindakan.Akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa, yaitu dilakukan oleh peneliti yang berkapasitas sebagai pemimpin kelompok dengan dibantu oleh trainer yang terkait dengan disiplin, dengan diikuti sejumlah siswa kelas delapan yang memiliki kecenderungan perilaku disiplin rendah sebagai partisipan, mereka diberi pemahaman agar mengikuti kegiatan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku disiplinnya menjadi lebih baik. Pelaksanaan layanan ini melalui beberapa tahap yang meliputi tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran, dimana pada tahap kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi, memadukan dengan pemutaran CD audio dan film (penggunaan multimedia).

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Mutmainah, M., & Jayidah, H. N. . (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di SMK Kahuripan 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6371–6379. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9306