Hubungan Konsep Diri Dan Optimisme Dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Se-Kecamatan Wonotunggal Batang

Authors

  • Mutmainah Mutmainah Universitas Negeri Semarang
  • Muslikah Muslikah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10965

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara konsep diri dan optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa kelas IX SMP Se-Kecamatan Wonotunggal,Batang. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh informasi mengenai tingkat masing-masing variabel serta bagaimana hubungan antar variabel. Jenis penelitian kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Sampel berjumlah 126 siswa dari dua sekolah dengan teknik pengambilan sampel Proportioned Random Sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics versi 21. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat pengambilan keputusan studi lanjut pada kategori tinggi (M=3,95), tingkat konsep diri sedang (M=3,00), serta tingkat optimisme tinggi (M=3,82). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan pengambilan keputusan studi lanjut (t=2,173, ?=0,154, p=<0,05), terdapat hubungan positif dan signifikan anatara optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut (t=8,355, ?=0,591, p=<0,05), serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut (R=0,633, R2=0,401, F=41,133, p=<0,05) yang mana secara simultan dapat memprediksi pengambilan keputusan studi lanjut sebesar 40,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat diimplikasikan bagi pengembangan program bimbingan dan konseling melalui layanan karir di tingkat sekolah.  

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Mutmainah, M., & Muslikah, M. (2023). Hubungan Konsep Diri Dan Optimisme Dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Se-Kecamatan Wonotunggal Batang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 861–870. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10965