Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice) '

Authors

  • Mamang Efendy Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sayidah Aulia Ul Haque Fakultas psikologi universitas 17 Agustus 1945 surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.9195

Abstract

Model pembelajaran literasi pada anak usia dini yang dilakukan saat ini masih sangat formal dengan metode hafalan, latihan menulis dan membaca. Metode yang digunakan tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Metode Pembelajaran Literasi pada anak usia dini seharusnya disesuaikan dengan tahapan perkembangan, karakteristik sosial dan budayanya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk membangun kegiatan literasi yang baik sesuai dengan tahapan perkembangan dan karakteristik sosial budaya anak adalah dengan menerapkan konsep DAP (Developmentally Appropriate Practice). Kenyataan dilapangan persepsi guru terhadap proses pembelajaran DAP (Development Appropriate Practice) sudah mendekati teori. Namun, belum mencangkup secara keseluruhan komponen proses pembelajaran DAP (Development Appropriate Practice). Sehingga penelitian bermaksud untuk mengetahui bagaimana persepsi guru TK terhadap pembelajaran literasi berbasis DAP (Development Appropriate Practice). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya. Instrument pengumpulan data menggunakan skala persepsi guru TK tehadap DAP yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan indikator dari teori Calhoun & Acocella (1995). Sample penelitian dalam penelitian ini adalah Guru TK di Jawa Timur yang berjumlah 200 orang dan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Guru TK di Jawa Timur memiliki persepsi terhadap pembelajaran literasi berbasis  (Development Appropriate Practice) yang tergolong sedang atau cukup. Sehingga perlu tindak lanjut berupa edukasi dan sosialisasi kepada guru TK terkait pentingnya pembelajaran literasi berbasis DAP.

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Efendy, M., & Ul Haque, S. A. (2023). Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice) ’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 101–106. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.9195