Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice) '
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.9195Abstract
Model pembelajaran literasi pada anak usia dini yang dilakukan saat ini masih sangat formal dengan metode hafalan, latihan menulis dan membaca. Metode yang digunakan tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Metode Pembelajaran Literasi pada anak usia dini seharusnya disesuaikan dengan tahapan perkembangan, karakteristik sosial dan budayanya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk membangun kegiatan literasi yang baik sesuai dengan tahapan perkembangan dan karakteristik sosial budaya anak adalah dengan menerapkan konsep DAP (Developmentally Appropriate Practice). Kenyataan dilapangan persepsi guru terhadap proses pembelajaran DAP (Development Appropriate Practice) sudah mendekati teori. Namun, belum mencangkup secara keseluruhan komponen proses pembelajaran DAP (Development Appropriate Practice). Sehingga penelitian bermaksud untuk mengetahui bagaimana persepsi guru TK terhadap pembelajaran literasi berbasis DAP (Development Appropriate Practice). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya. Instrument pengumpulan data menggunakan skala persepsi guru TK tehadap DAP yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan indikator dari teori Calhoun & Acocella (1995). Sample penelitian dalam penelitian ini adalah Guru TK di Jawa Timur yang berjumlah 200 orang dan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Guru TK di Jawa Timur memiliki persepsi terhadap pembelajaran literasi berbasis (Development Appropriate Practice) yang tergolong sedang atau cukup. Sehingga perlu tindak lanjut berupa edukasi dan sosialisasi kepada guru TK terkait pentingnya pembelajaran literasi berbasis DAP.Downloads
Published
2023-03-04
How to Cite
Efendy, M., & Ul Haque, S. A. (2023). Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice) ’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 101–106. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.9195
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mamang Efendy, Sayyidah Aulia ul Haque

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









