The Effect Of Using Collaborative Strategic Reading (CSR) On The Student’s Reading Comprehension Of Tenth Grade At SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8127Abstract
Collaborative Strategic Reading (CSR) terbukti dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampaknya. Dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, digunakan dalam penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk menentukan kelompok mana yang berguna dalam membantu siswa dalam memahami teks naratif. Penulis mengajar kelompok eksperimen menggunakan membaca strategis kolaboratif (CSR), sedangkan kelompok kontrol menerima instruksi menggunakan media konvensional. Data untuk penelitian ini dievaluasi menggunakan uji-t. Hasil uji t sebesar 6,17, lebih tinggi dari t-tabel pada taraf signifikan 5% (1,67). Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas sepuluh di SMK Swasta HKBP Pematangsiantar sangat diuntungkan dengan membaca pemahaman teks naratif.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Nababan, R. M. ., Napitupulu, S. ., & Hutabarat, N. M. . (2022). The Effect Of Using Collaborative Strategic Reading (CSR) On The Student’s Reading Comprehension Of Tenth Grade At SMK Swasta HKBP Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 140–144. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8127
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rini Mariani Nababan, Selviana Napitupulu, Novra Melisa Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).