Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi

Authors

  • Rosalinda Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet N. Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas  Belajar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode Ex Post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner sebanyak 30 butir dengan menggunakan skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Untuk melihat pengaruh profesional guru terhadap kreativitas belajar siswa maka penting untuk menghitung uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelasi dari pearson bentuk yang ke tiga. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi antar profesional guru dengan kreativitas belajar siswa () sebesar 0,84 dan signifikansi korelasi () sebesar 8,20 jika dibandingkan dengan nilai  sebesar 1,96 pada taraf signifikan 0,05 maka    (8,20 > 1,96) sehingga nilai tersebut signifikansi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kreativitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Sidabutar, R. ., Purba, N. A. ., & Sihombing, L. N. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5120–5127. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9093

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3