Kegiatan Musik Dol Sebagai Proses Pembelajaran Dan Rekreasi Bagi Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu

Authors

  • Morion Jonata Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Vivi Sylviani Biafri Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8975

Abstract

Dalam melaksanakan pembinaan di LPKA, anak masih kurang disiplin karena menganggap bahwa pembinaan merupakan rutinitas atau bahkan paksaan dan membosankan yang harus diikuti, mereka menjalankan dan mengikuti pembinaan tidak dengan apa yang mereka senangi atau tidak sesuai dengan yang mereka sukai Akibatnya masih terdapat Anak yang mengalami pengulangan tindak pidana/residivis karena tidak mendapatkan bekal apapun selama masa pidananya di LPKA. Musik dol memiliki peran penting sebagai proses pembelajaran dan rekreasi bagi Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Anak Khusus Kelas II Bengkulu. Dalam pelaksanaannya diharapkan melalui program Musik Dol ini pembinaan di LPKA Kelas II Bengkulu benar-benar dapat diterima semaksimal mungkin oleh anak, serta sebagai sarana rekreasi yang berdampak pada daya dorong dalam pembentukan motivasi anak kriminal dalam melaksanakan kegiatan pembinaan. Desain penelitian pada penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Data yang bersumber dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo penelitian maupun dokumen resmi yang sesuai Serta bertujuan mengumpulkan informasi aktual secara lengkap yang menggabarkan kondisi yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa narasumber bahwa nilai-nilai karakater seperti disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab sudah tercermin atau terlihat saat Anak binaan mengikuti kegiatan Musik Dol di LPKA Kelas II Bengkulu. Dari yang peneliti amati selama latihan, Anak Binaan sangat bersemangat saat mengikuti kegiatan. Mereka memperhatikan setiap arahan dan materi yang diajarkan oleh pelatih. Saat latihan berlangsung tidak ada Anak binaan yang sibuk bermain sendiri. Mereka semua fokus dengan alat musik yang mereka pegang dan memperhatikan betul setiap yang dipelajari.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Jonata, . M. ., & Biafri, V. S. . (2022). Kegiatan Musik Dol Sebagai Proses Pembelajaran Dan Rekreasi Bagi Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4513–4522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8975