Kegiatan Musik Dol Sebagai Proses Pembelajaran Dan Rekreasi Bagi Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8975Abstract
Dalam melaksanakan pembinaan di LPKA, anak masih kurang disiplin karena menganggap bahwa pembinaan merupakan rutinitas atau bahkan paksaan dan membosankan yang harus diikuti, mereka menjalankan dan mengikuti pembinaan tidak dengan apa yang mereka senangi atau tidak sesuai dengan yang mereka sukai Akibatnya masih terdapat Anak yang mengalami pengulangan tindak pidana/residivis karena tidak mendapatkan bekal apapun selama masa pidananya di LPKA. Musik dol memiliki peran penting sebagai proses pembelajaran dan rekreasi bagi Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Anak Khusus Kelas II Bengkulu. Dalam pelaksanaannya diharapkan melalui program Musik Dol ini pembinaan di LPKA Kelas II Bengkulu benar-benar dapat diterima semaksimal mungkin oleh anak, serta sebagai sarana rekreasi yang berdampak pada daya dorong dalam pembentukan motivasi anak kriminal dalam melaksanakan kegiatan pembinaan. Desain penelitian pada penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Data yang bersumber dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo penelitian maupun dokumen resmi yang sesuai Serta bertujuan mengumpulkan informasi aktual secara lengkap yang menggabarkan kondisi yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa narasumber bahwa nilai-nilai karakater seperti disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab sudah tercermin atau terlihat saat Anak binaan mengikuti kegiatan Musik Dol di LPKA Kelas II Bengkulu. Dari yang peneliti amati selama latihan, Anak Binaan sangat bersemangat saat mengikuti kegiatan. Mereka memperhatikan setiap arahan dan materi yang diajarkan oleh pelatih. Saat latihan berlangsung tidak ada Anak binaan yang sibuk bermain sendiri. Mereka semua fokus dengan alat musik yang mereka pegang dan memperhatikan betul setiap yang dipelajari.Downloads
Published
2022-11-17
How to Cite
Jonata, . M. ., & Biafri, V. S. . (2022). Kegiatan Musik Dol Sebagai Proses Pembelajaran Dan Rekreasi Bagi Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4513–4522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8975
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Morion Jonata, Vivi Sylviani Biafri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).