Perancangan Media Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio Di SMKN 1 Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8972Abstract
Pada penelitian ini dirancang dengan tujuan (1) menghasilkan media animasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di SMKN 1 Sumatera Barat; dan (2) mengukur tingkat validitas yang layak pada media pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di SMKN 1 Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan sebuah perancangan dengan desain penelitian menggunakan model 4D sebagai metode pengembangan dalam perancangan ini. Model 4D ini memiliki 4 tahapan, yaitu (1) Define (Pendefinisian); (2) Design (Perancangan); (3) Develop (Pengembangan); (4) Disseminate (Penyebaran) (Kartika 2022). Teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran angket dengan pemberian skor jawaban berdasarkan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial (Sugiyono 2012). Dari penelitian ini dihasilkan validasi ahli media mencapai rata-rata sebesar 95,6% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli materi dengan rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Meskipun media animasi ini dinilai layak diterapkan dalam pembelajaran, memiliki beberapa keterbatasan bagi guru dalam menerapkan penggunaan media animasi ini dalam belajar.Downloads
Published
2022-11-17
How to Cite
Arta, A.-L. F. ., & Irfan, D. . (2022). Perancangan Media Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio Di SMKN 1 Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4498–4503. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8972
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Al-Lika Fadia Arta, Dedy Irfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).