Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Methodist 3 Palembang

Authors

  • Etty Arwati Etty Arwati Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8858

Abstract

Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut adakah pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang?. Tujuan penelitian maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Penelitian in merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk eksperimen semu (Pre- Experimental), desain penelitian yang digunakan adalah “Desain pretest-posttest One Group desing. Dengan kelompok yang di tentukan”. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Sampel penelitian adalah seluruh populasi kelas V SD Methodist 3 Palembang. Dengan jumlah siswa 29 siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Bahwa pada bagian”Equal variances assumed” diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau dapat juga dilihat dari nilai thitung = 6.733 > 1.67303 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas V. Dan juga dilihat dari nilai “Mean difference” adalah sebesar 26.315.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Etty Arwati, E. A., Tanzimah, T., & Noviati, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Methodist 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3979–3986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8858

Most read articles by the same author(s)