Analisis Jaringan Kerjasama Perpustakaan Sekolah di Kota Medan

Authors

  • Futri Indah Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Yusniah Yusniah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ardiani Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dinda Permata Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sri Ramadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8738

Abstract

Kerjasama perpustakaan adalah kerjasama yang melibatkan dua perpustakaan atau lebih. Kerjasama ini terjalin untuk saling memberi keuntungan bagi dua perpustakaan yang menjalin kerjasama. Informasi yang semakin melimpah dalam jumlah, jenis maupun media penyampaiannya, serta kebutuhan akan informasi yang semakin meningkat di satu pihak, kemudian dana yang semakin terbatas di pihak lain, membuat perpustakaan tak akan pernah dapat mencukupi kebutuhan pengguna dengan hanya menyungguhkan koleksi pustaka yang dihimpun masing-masing perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Secara terminologi menurut Baydan dan Taylor, pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian ini menghasilkan bahwa kerjasama yang telah terjalin antara pustakawan dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid tentunya diharapkan akan memberi hasil yang optimal bagi perpustakaan. Kegiatan kerjasama tersebut akhirnya akan bermuara pada perpustakaan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh semua warga sekolah.

Downloads

Published

2022-11-13

How to Cite

Sari, F. I. ., Yusniah, Y., Daulay, A. ., Sari, D. P. ., & Ramadani, S. . (2022). Analisis Jaringan Kerjasama Perpustakaan Sekolah di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3332–3337. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8738

Most read articles by the same author(s)