Bidang Kerjasama Jaringan Perpustakaan

Authors

  • Yusniah Yusniah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M.Faturrahman Al ANshori Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juni Ervina Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juwita Syahrina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8404

Abstract

Dalam era keterbukaan saat ini, penyajian data dan infromasi sangat diperlukan untuk memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. Keberagaman kebutuhan informasi, keterbatasan sumber daya informasi dan perubahan perilaku pengguna informasi menjadikan tidak satupun lembaga informasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan penggunanya tersebut. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan layanan yang optimal kepada pengguna maka diperlukan adanya kerjasama dan jaringan antar lembaga informasi. Salah satu lembaga informasi adalah perpustakaan yang akan dijadikan objek dalam makalah ini. Makalah ini akan membahas tentang jaringan informasi dan kerja sama perpustakaan. Perpustakaan di perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menyediakan semua jenis sumber informasi, baik cetak maupun elektronik untuk memenuhi kebutuhan aktivitas akademika. Perpustakaan memiliki tantangan besar untuk dilayani penggunanya terutama untuk memenuhi ekspektasi pengguna yang tinggi tentang ketersediaan sumber informasi. Penelitian ini adalah pengumpulan sumber informasi dan kualitasnya terbatas mereka mendapatkan semua koleksi dari sumbangan dan pembelian. Mereka ingin membuat jaringan kerjasama dengan yang lain untuk memenuhi koleksinya dan berkolaborasi seperti sumber informasi pertukaran, peningkatan sumber daya manusia dan kolaborasi dalam mengakses informasi di perpustakaan masing-masing.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Yusniah, Y., Al ANshori, M. ., Sari, J. E. ., & Syahrina, J. . (2022). Bidang Kerjasama Jaringan Perpustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1450–1455. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8404

Most read articles by the same author(s)