Pengaruh Literasi Membaca terhadap Karakter Kebangsaan Siswa Kelas V SDN 105272 Purwodadi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8699Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh literasi membaca terhadap karakter kebangsaan siswa di kelas V SDN 105272 Purwodadi. Melakukan penelitian ini karena adanya keminiman karakter kebangsaan pada siswa di kelas V SDN 105272 Purwodadi. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 25 siswa dari seluruh populasi kelas V SDN 105272 Purwodadi. Untuk mengukur pengembangan karakter kebangsaan siswa dengan menggunakan angket yang berujuk pada indikator karakter kebangsaan. Dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan mengambil keputusan dengan uji beda analisis regresi sederhana dengan syarat data harus normalitas yang diuji menggunakan kolmogorov smirnov. Berdasarkan hasil perhitungan melalui spss 20.0 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan signifikansi 0,772 > 0,05, yang dilanjut dengan uji analisis regresi yang bersignifikansi 0,00 < 0,005, dalam arti bahwa adanya pengaruh literasi digital terhadap pengembangan karakter kebangsaan mahasiswa pendidikan kewarganegaraan dengan tingkat 80,3% dari output determinasi (R. Square).Downloads
Published
2022-11-12
How to Cite
Zuliani, B. L. ., Rahmawati, R., Rosliana, R., Dina , S. M. ., & Bahri , S. . (2022). Pengaruh Literasi Membaca terhadap Karakter Kebangsaan Siswa Kelas V SDN 105272 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3146–3151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8699
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Beby Lidia Zuliani, Rahmawati, Rosliana, Siti Maulid Dina , Samsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).