Pengaruh Literasi Membaca terhadap Karakter Kebangsaan Siswa Kelas V SDN 105272 Purwodadi

Authors

  • Beby Lidia Zuliani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Rosliana Rosliana Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Siti Maulid Dina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Samsul Bahri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8699

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh literasi membaca terhadap karakter kebangsaan siswa di kelas V SDN 105272 Purwodadi. Melakukan penelitian ini karena adanya keminiman karakter kebangsaan pada siswa di kelas V SDN 105272 Purwodadi. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 25 siswa dari seluruh populasi kelas V SDN 105272 Purwodadi. Untuk mengukur pengembangan karakter kebangsaan siswa dengan menggunakan angket yang berujuk pada indikator karakter kebangsaan. Dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan mengambil keputusan dengan uji beda analisis regresi sederhana dengan syarat data harus normalitas yang diuji menggunakan kolmogorov smirnov. Berdasarkan hasil perhitungan melalui spss 20.0 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan signifikansi 0,772 > 0,05, yang dilanjut dengan uji analisis regresi yang bersignifikansi 0,00 < 0,005, dalam arti bahwa adanya pengaruh literasi digital terhadap pengembangan karakter kebangsaan mahasiswa pendidikan kewarganegaraan dengan tingkat 80,3% dari output determinasi (R. Square).

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Zuliani, B. L. ., Rahmawati, R., Rosliana, R., Dina , S. M. ., & Bahri , S. . (2022). Pengaruh Literasi Membaca terhadap Karakter Kebangsaan Siswa Kelas V SDN 105272 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3146–3151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8699