Pengaruh Edukasi Pencegahan Kanker Payudara Terhadap Perilaku Sadari di SMA Negeri 2 Bone
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8568Abstract
Edukasi adalah penambahan pengetahuan dan kemampuan seseorang melalui praktek belajar atau instruksi, dengan tujuan untuk mengingat fakta atau kondisi nyata. National Cancer Institute (NCI), Penelitian bertujuan u menganalisis pengaruh edukasi pencegahan kanker payudara tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa Sma Negeri 2 Bone. Desain penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswi kelas XI dan XII teknik penarikan sampel dengan teknik simple random sampling sehingga didapat 86 sampel. Dibagi menjadi 2, 43 kelompok intervensi 43 kelompok kontrol. Data didapat dari kuesioner untuk pengetahuan dan checklist untuk sikap dan tindakan. Untuk kelas eksperimen diberikan video tentang praktek SADARI dan leaflet sedangkan pada kelas kontrol diberikan leaflet tanpa video. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon, dan independent sampel t-tes dengan< 0,05.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan,sikap dan tindakan siswi tentang pencegahan kanker payudara dengan tehnik SADARI antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan p value 0.000<0.05.Downloads
Published
2022-11-09
How to Cite
Rahmawati, R., Ajsal, A. A. A. ., Dewi, A. S. M. ., & Puspitasari, M. . (2022). Pengaruh Edukasi Pencegahan Kanker Payudara Terhadap Perilaku Sadari di SMA Negeri 2 Bone. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2377–2389. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8568
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmawati, Andi Ayu Ariesty Ajsal, Andi Sitti Muthya Dewi,Mulidiah Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).