Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel di Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8631Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sel terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bandar. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi peserta didiksetelah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sel kelas XI SMA Negeri 2 Bandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 2 Bandar yang berjumlah 141 siswa dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 berjumlah 70 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar adalah lembar observasi serta tes pilihan berganda berupa Pre-Test dan Post-Test sebanyak 24 soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli, guru mata pelajaran, dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata Pre-Test 50,57 dan Post-Test 85,43 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata Pre-Test 42,29 dan Post-Test 76,43. Untuk uji t pada Pre-Test Post-Test kelas eksperimen memperoleh nilai Sig(2-tailed) 0,000 dan Pre-Test Post-Test kelas kontrol memperoleh nilai Sig(2-tailed) 0,000. Dengan demikian apabila Sig(2-tailed) < 0,05 maka H? diterima dan H? ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Downloads
Published
2022-11-10
How to Cite
Rumapea, P. ., Situmorang, M. V. ., & Silaban, W. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel di Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2722–2731. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8631
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Puspitasari Rumapea, Masni Veronika Situmorang, Winarto Silaban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).