Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Sub Tema 3 Di Kelas Ill SDN 122347 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8628Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Tema 2 Subtema 3 melalui metode Discovery Learning Terhadao Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Subtema 3 di kelas III SDN 122347 Pematangsiantar dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 15 siswa. Jenis penelitian ini mengggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posstest Design . Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi . Teknik analisis dan menggunakan uji Prasyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Discovery Learning . Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Hipotesis pada paired sample t-test diperoleh thitung 11,170 dan ttabel db 29 sebesar 2,045 dimana 11,170 > 2,045 sehingga Ho Di tolak dan Ha di terima, maka terdapat pengaruh metode Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 3 kelas III SDN 122347 PematangsiantarDownloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Enjelina Naomi Aritonang, Natalina Purba, & Theresia Siahaan. (2022). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Sub Tema 3 Di Kelas Ill SDN 122347 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2870–2874. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8628
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Enjelina Naomi Aritonang, Natalina Purba , Theresia Siahaan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).