Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Sub Tema 3 Di Kelas Ill SDN 122347 Pematangsiantar

Authors

  • Enjelina Naomi Aritonang Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Theresia Siahaan Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8628

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Tema 2 Subtema 3 melalui metode Discovery Learning Terhadao Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Subtema 3 di kelas III SDN 122347 Pematangsiantar dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 15 siswa. Jenis penelitian ini mengggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posstest Design . Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi . Teknik analisis dan menggunakan uji Prasyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Discovery Learning . Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Hipotesis pada paired sample t-test diperoleh thitung 11,170 dan ttabel db 29 sebesar 2,045 dimana 11,170 > 2,045 sehingga Ho Di tolak dan Ha di terima, maka terdapat pengaruh metode Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 3 kelas III SDN 122347 Pematangsiantar

Author Biographies

Natalina Purba , Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Dosen Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Theresia Siahaan, Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Dosen Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Enjelina Naomi Aritonang, Natalina Purba, & Theresia Siahaan. (2022). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Sub Tema 3 Di Kelas Ill SDN 122347 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2870–2874. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8628