Hubungan Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Kelas IV SDN. 091505afdeling C. Balimbingan T.A 2022/2023

Authors

  • Daniel Pranata Sihombing Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Radode Kristianto simarmata Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8627

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN. 091505 Afdeling C. Balimbingan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN. 091505 Afdeling C Balimbingan. Sampel dalam penelitian yaitu kelas IV, dengan jumlah 30 siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan random sampling atau sampel acak. Instrument penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa digunakan angket dengan butir soal dan koefisien reliabilitasnya 0,938. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan teknik analisis data adalah korelasi product moment dan korelasi ganda pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar tematik siswa

Author Biographies

Natalina Purba, Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Dosen Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Radode Kristianto simarmata, Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Dosen Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Daniel Pranata Sihombing, Natalina Purba, & Radode Kristianto simarmata. (2022). Hubungan Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Kelas IV SDN. 091505afdeling C. Balimbingan T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2875–2879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8627