Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 177072 Halado

Authors

  • Hartati Purnama Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasai Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8593

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetaui hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi dengan menggunakan media interaktif animasi lebih baik dari pada tanpa menggunakan media interaktif animasi di SD N 177072 Halado. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV-a berjumlah 31 orang sebagai kelompok kelas Eksperimen dan kelas IV-b berjumlah 29 orang sebagai kelompok kelas kontrol. Variabel ini terdiri dari variabel bebas yaitu media interaktif animasi sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t, untuk menguji hipotesis yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t, nilai thitung >ttabel 4,716>2,000 dengan taraf signifikan 0,05. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebib besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 sumber energi pembelajaran 1, 3, dan 4 kelas IV SD N 177072 berpengaruh atau menerima hippotesis Ha.  .

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Simanullang, H. P. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 177072 Halado . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2504–2516. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8593

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>