Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTs Negeri 3 Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8479Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPS kelas IX MTs Negeri 3 Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan One group pretest-posttest design. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX MTs Negeri 3 Bengkalis yang ditunjukkan pada meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dari kondisi awal yaitu dengan nilai 54,48 menjadi 72,86 pada kondisi akhir. (2) Uji t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,05 dan diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest dan posttest sebesar 18,20. (3) Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata gain sebesar 0,3968 masuk dalam kategori sedang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Syafira, L. ., Kartikowati, R. S. ., & Rizka, M. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTs Negeri 3 Bengkalis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8479
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lianda Syafira, Rr. Sri Kartikowati, Mifta Rizka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).