Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Aldi Fakhrul Najib Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8469

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik tidak tertarik dengan buku bacaan yang memuat pengetahuan atau buku pelajaran, peserta didik lebih tertarik membaca buku cerita, komik dan buku yang didalamnya memuat gambar-gambar saja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kevalidan dan kepraktisan media buku cerita bergambar untuk pembelajaran tema selalu berhemat energi. Hasil penelitian yaitu pengembangan buku cerita bergambar dalam bentuk digital atau e-book. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Rata-rata persentase kevalidan media dari ahli materi sebesar 93% dan persentase rata-rata keseluruhan hasil dari ahli media yaitu 93%. Persentase hasil tanggapan guru terhadap media buku cerita bergambar yaitu sebesar 93% dan persentase hasil tanggapan peserta didik keseluruhan sebesar 90%. Berdasarkan dari hasil validasi pada ahli materi dan ahli media serta hasil tanggapan guru dan peserta didik terhadap media buku cerita bergambar dapat disimpulkan bahwa media dinyatakan valid dan praktis, dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar pada proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Najib, . A. F. ., Arisyanto, P. ., & Priyanto, W. . (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1921–1927. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8469