Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8469Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik tidak tertarik dengan buku bacaan yang memuat pengetahuan atau buku pelajaran, peserta didik lebih tertarik membaca buku cerita, komik dan buku yang didalamnya memuat gambar-gambar saja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kevalidan dan kepraktisan media buku cerita bergambar untuk pembelajaran tema selalu berhemat energi. Hasil penelitian yaitu pengembangan buku cerita bergambar dalam bentuk digital atau e-book. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Rata-rata persentase kevalidan media dari ahli materi sebesar 93% dan persentase rata-rata keseluruhan hasil dari ahli media yaitu 93%. Persentase hasil tanggapan guru terhadap media buku cerita bergambar yaitu sebesar 93% dan persentase hasil tanggapan peserta didik keseluruhan sebesar 90%. Berdasarkan dari hasil validasi pada ahli materi dan ahli media serta hasil tanggapan guru dan peserta didik terhadap media buku cerita bergambar dapat disimpulkan bahwa media dinyatakan valid dan praktis, dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar pada proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Najib, . A. F. ., Arisyanto, P. ., & Priyanto, W. . (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1921–1927. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8469
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aldi Fakhrul Najib, Prasena Arisyanto, Wawan Priyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).