Keefektifan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Amalia Nur Ananda Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9120

Abstract

Keefektifan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan”.Yaitu siswa masih aktif sendiri ketika pembelajaran berlangsung,guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA, Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan disain Pre-Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N Brondong berjumlah 12 siswa. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa wawancara,observasi dan dokumentasi. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui thitung > t tabel, yaitu 9,1338 > 1,795 pada taraf signifikan 5%, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inukiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan.metode inkuiridapat dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. .

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Ananda, A. N. ., Huda, C. ., & Arisyanto, P. . (2022). Keefektifan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5287–5291. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9120

Most read articles by the same author(s)