Pengaruh Media Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8458Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika Rumah Adat Rejang Lebong terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dimana berdasarkan kemampuan awal siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA SMP Negeri 36 Rejang Lebong dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes menggunakan soal uraian yang mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-tes dan uji efektivitas N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan rumah adat Rejang lebong terahadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Media pembelajaramn berbasis etnomatematika menggunakan rumah adat Rejang Lebong efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep yang ditunjukkan nilai uji N-Gain sebesar 0,74 dengan kriteria cukup efektif. Saran dari berdasarkan temuan penelitian adalah guru dapat menggunakan konteks nyata melalui etnomatematika yang lebih dikenal oleh siswa dalam pembelajaran matematika di kelasDownloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Gusvarini, E. P., Zamzaili, Z., & Haji, S. . (2022). Pengaruh Media Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1868–1875. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8458
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elsa Putri Gusvarini, Zamzaili Zamzaili, Saleh Haji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









