Pengaruh Media Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP

Authors

  • Elsa Putri Gusvarini Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Zamzaili Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika Rumah Adat Rejang Lebong terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dimana berdasarkan kemampuan awal siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA SMP Negeri 36 Rejang Lebong dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes menggunakan soal uraian yang mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-tes dan uji efektivitas N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan rumah adat Rejang lebong terahadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Media pembelajaramn berbasis etnomatematika menggunakan rumah adat Rejang Lebong efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep yang ditunjukkan nilai uji N-Gain sebesar 0,74 dengan kriteria cukup efektif. Saran dari berdasarkan temuan penelitian adalah guru dapat menggunakan konteks nyata melalui etnomatematika yang lebih dikenal oleh siswa dalam pembelajaran matematika di kelas

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Gusvarini, E. P., Zamzaili, Z., & Haji, S. . (2022). Pengaruh Media Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1868–1875. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8458