Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP berbasis Etnomatematika Benteng Marlborough Bengkulu

Authors

  • Rizki Riyani Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Zamzaili Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8548

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar berbasis etnomatematika Benteng Marlborough Bengkulu materi segi empat kelas VIII SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari satu pakar sejarah Bengkulu, dua pemandu wisata Fort Marlorough, dua pakar matematika, dan dua guru matematika SMP Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis interaktif yang memuat reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi segitiga dan segi empat dapat dikembangkan menggunakan etnomatematika yang ada pada Benteng Marlborough Bengkulu. Terdapat konsep bangun segitiga dan segi empat pada benteng Marlborough Bengkulu

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Riyani, R., Zamzaili, Z., & Haji, S. . (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP berbasis Etnomatematika Benteng Marlborough Bengkulu . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2536–2542. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8548