Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Palembang

Authors

  • Diki Hermanto Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan metode sugesti imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True eksperimental design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah random sampling. Sampel ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas X Akl 2 yang berjumlah 35 siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas X Akl 3 yang berjumlah 29 siswa. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir yang berbentuk esay dengan satu soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumusan statistic uji-t. Berdasarkan tabel distribusi frekuensi dengan rumus uji-t dengan dk =  – 2  = 35 + 29 – 2 = 62 dan a = 0,05, didapat  dan   = 1,417. Hal ini menunjukan bahwa    atau 2,567  1,417. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa  ditolak dan   diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode sugesti imajinasi terhadap menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 5 Palembang.

Downloads

Published

2011-11-07

How to Cite

Hermanto, D., Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. . (2011). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1859–1867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8455