Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra Pantun Kelas 5 SD

Authors

  • Muhammad Ilham Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7422

Abstract

Dalam melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli pada pembelajaran apresiasi sastra pantun di kelas 5 SD yang valid, praktis dan efektif. Peneliti menggunakan metode penelitian yaitu Research and Development (RnD), serta menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development Implementation dan Evaluation). Sehingga hasil penelitian kevalidan yang diperoleh dengan skor rata-rata ahli media 92% dengan kategori “sangat valid”, dan skor rata-rata ahli materi sebesar 76% dengan katergori “sangat valid”. Hasil penelitian kepraktisan produk yang dilakukan pada one to one (3 peserta didik), Small Group (12 peserta didik), dan Kelompok Besar (33 peserta didik). Ketiga tahapan kepraktisan mendapatan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 87,76% dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya dengan hasil uji keefektifan produk yang dilakkan 33 peserta didik kelas 5 mendapatkan skor rata-rata 72,72% dengan kategori “efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli pada pembelajaran apresiasi sastra pantun di kelas 5 ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan dan dikembangkan pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas pada peserta didik kelas 5 SDN 5 Mendo Barat.

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Ilham, M., Murniviyanti, L. ., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra Pantun Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5054–5062. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7422

Most read articles by the same author(s)