Relevansi Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Paradigma Holistik

Authors

  • Suryawan Bagus Handoko IAIN Syekh Nurjati-Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8414

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural dengan jumlah etnis, kultur, bahasa, agama, dan latar belakang yang sangat beragam. Namun sayangnya kesadaran akan multikulturalisme dalam masyarakat kita belum berkembang dengan semestinya. Pendidikan merupakan solusi untuk mengurai benang kusut konflik berkepanjangan. Berkat peranannya sebagai social reconstruction, implementasi pendidikan multikultural yang menekankan pada pentingnya kesadaran terhadap adanya perbedaan memerlukan komitmen dari semua elemen masyarakat karena reformasi paradigma pendidikan dianggap sangat penting. Proses pendidikan perlu dirancang secara sistematis dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi dirinya dan tidak terkungkung. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu melalui pendidikan multikultural dalam paradigma holistik. Melalui paradigma holistik, dipandang sangat relevan dan menjadi solusi dalam menjawab tantangan atau problematika yang dihadapi dalam pendidikan saat ini, sehingga keteraturan hidup yang humanis, demokratis, dan berkeadilan akhirnya dapat dicapai dalam masyarakat yang multikultur.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Handoko, S. B. . (2022). Relevansi Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Paradigma Holistik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1537–1545. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8414