Konsep Pengembangan Sumber Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10234Abstract
Guru sebagai ujung tombak dalam penyampaian amanah pendidikan, selayaknya mampu mengembangkan materi dengan menggunakan sumber belajar semaksimal mungkin menyesuaikan segala bentuk kebutuhan dan tuntutan pendidikan. Di saat sekarang konsep tentang bahan ajar mulai berkembang dan mampu menyesuaikan keadaan/zaman. Melalui konsep pengembangan sumber belajar inilah yang akan mengantarkan kita untuk lebih memahami secara luas pengertian, tujuan, serta manfaat dari sumber belajar. Aspek tersebut sangat mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran dan ketergantungan akan kebutuhan terhadap sumber belajar tidak dapat dinafikan karena konsep sumber belajar merupakan seperangkat materi/substansi pembelajaran (teaching material) yang disusun secara sistematis, mencerminkan kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, melalui metode kualitatif akan dipaparkan bagaimana konsep pengembangan sumber belajar yang meliputi bukan hanya komponen pengajaran yang dirancang berupa sumber belajar/pengajaran yang umumnya diisi dengan buku-buku rujukan saja (baik yang bersifat diwajibkan maupun tidak diwajibkan), melainkan manusia, lingkungan, media massa, dan media pembelajaran lainnya untuk mendukung memaksimalkan penguasaan materi dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Handoko, S. B. ., Sumanta, S., & Karman, K. (2022). Konsep Pengembangan Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11275–11286. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10234
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Suryawan Bagus Handoko, Sumanta, Karman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).