Pengaruh Media Pembelajaran Pencak Silat Teknik Tendangan Sabit Berbasis Internet di SMK Texar Klari Karawang

Authors

  • Warnadi Julianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Andrie Chaerul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ardawi Sumarno Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8381

Abstract

Pembelajaran penjas terutama pembelajaran pencaksilat dalam hal ini perlu pembaharuan metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran untuk menguji pengaruh pengaruh media pembelajaran pencak  silat teknik tendangan sabit  berbasis internet  di smk texar klari karawang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Dengan 10 kali pertemuan 2 kali diantaranya pretest dan posttest untuk mengukur tes awal dan tes akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 1 dengan jumlah sampel 42 orang menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran pencak  silat teknik tendangan sabit  berbasis internet  di smk texar klari karawang berhasil mengalami peningkatan dengan t-hitung yang dihasilkan adalah 11,334 dan t-tabel 2,021 dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai t-hitung > t-tabel dan probabilitas signifikan kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang nyata antara hasil media pembelajaran pencak silat teknik tendangan sabit berbasis internet di smk texar klari karawang pada selisish rata-rata prestes dan posttest yakni 20 dapat diketahui peningkatan persentase dengan selisih rata-rata dibagi rata-rata pretest dikali 100% yakni sebesar 68,7%. Sehingga media pembelajaran berbasis internet berdampak yang signifikan terhadap kemampuan teknik tendangan sabit pada siswa SMK Texar Klari Karawang.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Julianto, W. ., Chaerul, A. ., & Sumarno, A. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Pencak Silat Teknik Tendangan Sabit Berbasis Internet di SMK Texar Klari Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1378–1385. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8381