Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8324Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode konvensional, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental (eksperimen semu). Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-test. Hasil dalam penelitian menunjukkkan bahwa (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diterapkan dengan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata pada pre test sebesar 43,57 dan post test sebesar 77,38. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diterapkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh nilai rata-rata pada pre test sebesar 45,68 dan post test sebesar 84,54. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-test dengan nilai Sig. 0,000 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena 0,000<0,05.Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Syahfitri, R. ., Kusumawati, T. I. ., & Rambe, R. N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1079–1088. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8324
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmawati Syahfitri, Tri Indah Kusumawati, Riris Nurkholidah Rambe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).