Tingkat Kedisiplinan Siswa selama Pelaksanaan Pembelajaran Luring Kembali di Sekolah MIS Al-Khairiyah Sunggal

Authors

  • Raihani Ariza Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Tri Indah Kusumawa Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Riris Nurkholidah Rambe Universitas Islam Negri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa saat pembelajaran luring kembali setelah Covid-19 dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran luring di Sekolah MIS Al-Khairiyah Sunggal. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa MIS Al-Khairiyah Sunggal yang telah melaksanakan proses pembelajaran secara Luring dengan Subjek penelitian 50 siswa dengan teknik pengambilan secara Simple Random Sampling.  Instrumen penelitian ini berupa kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah tingkat kedisiplinan siswa selama pelaksanaan pembelajaran luring dalam kategori “Tinggi” dengan persentase 86.0% dan ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa selama pembelajaran luring antara lain: 1) Kesadaran atas diri sendiri, 2) Enggan dan takut pada hukum atau sanksi yang diberikan oleh sekolah atas pelanggaran disiplin yang di lakukan, 3) Belum menyesuaikan dengan pembelajaran tatap muka, 4) Keadaan atau kondisi lingkungan sekitar, 5) Motivasi dalam diri saya sendiri, 6) Ingin mendapat pengakuan dari orang lain dan dipengaruhi oleh teman atau mengikuti ajakan teman.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Ariza, R. ., Kusumawa, T. I. ., & Rambe, R. N. . (2022). Tingkat Kedisiplinan Siswa selama Pelaksanaan Pembelajaran Luring Kembali di Sekolah MIS Al-Khairiyah Sunggal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1089–1094. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8325