Penerapan Bimbingan Belajar Dengan Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8264Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan belajar dengan model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS. Adapun subjek penelitiannya adalah kelas SMPN 1 Tapian Nauli, dan objek penelitiannya adalah kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dokumentasi, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh kategori aktivitas belajar kategori sangat tinggi 0 %, kategori tinggi 10,71%, kategori cukup 89,28% dan kategori rendah 0%. Pada siklus II hasil observasi diperoleh aktivitas belajar kategori sangat tinggi 39,28%, kategori tinggi 60,71%. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntatasan belajar 35,71% dengan nilai rata-rata 61,92. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar 89,28% dengan nilai rata-rata 80,82. Temuan menunjukkan bahwa penerapan bimbingan belajar dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Pardede, S., Lumbantobing, N. N., & Manurung, S. (2022). Penerapan Bimbingan Belajar Dengan Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1410–1417. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8264
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sanggam Pardede, Nanny Natania Lumbantobing, Suryani Manurung
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).