Penerapan Bimbingan Belajar Dengan Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Authors

  • Sanggam Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Nanny Natania Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen
  • Suryani Manurung BBPPMPV BBL Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan belajar dengan model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS. Adapun subjek penelitiannya adalah kelas SMPN 1 Tapian Nauli, dan objek penelitiannya adalah kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dokumentasi, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh kategori aktivitas belajar kategori sangat tinggi 0 %, kategori tinggi 10,71%, kategori cukup 89,28% dan kategori rendah 0%. Pada siklus II hasil observasi diperoleh aktivitas belajar kategori sangat tinggi 39,28%, kategori tinggi 60,71%. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntatasan belajar 35,71% dengan nilai rata-rata 61,92. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar 89,28% dengan nilai rata-rata 80,82. Temuan menunjukkan bahwa penerapan bimbingan belajar dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Pardede, S., Lumbantobing, N. N., & Manurung, S. (2022). Penerapan Bimbingan Belajar Dengan Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1410–1417. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8264